Senin, 17 Juni 2013

PROGRAM LINIER

Standar Kompetensi :
2.  Menyelesaikan masalah program linear

Kompetensi Dasar :

2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

Tujuan Pembelajaran 
1. Peserta didik dapat mengenal arti system pertidak samaan linier dua variable
2. peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem pertidak samaan linier dua variabel
3. peserta didik dapat menentukan fungsi objektif beserta kendala yang harus dipenuhi dalam masalah program linier
4. peserta didik dapat membuat model matematika dari masalah program linier
5. peserta didik dapat menentukan nilai optimum dari funggsi objektif sebagai penyelesaian dari program linier
6. peserta didik dapat menafsirkannilai optimum yang diperoleh sebagai penyelasaian masalah program linier
Assalamu’alaikum. Apa kabar murid-murid bapak yang pintar-pintar semua? Semoga  sehat dan pastinya tetap semangat semua  ya … :D .  Pada kesempatan ini kita akan belajar PROGRAMLINIER. Apa manfaat belajar  program linier? Untuk lebih jelasnya ayo kita simak soal cerita berikut.

“Sebuah Butik mempunyai persediaan kain 20 m jenis katun dan 60 m jenis wool. Butik akan memproduksi jas dan celana eksklusif untuk wanita. Untuk memproduksi jas ini dibutuhkan 1m katun dan 1,5 m wool, sedangkan untuk membuat celana dibutuhkan 0.25 m katun dan 2m wool. Keuntungan dari membuat jas adalah Rp 100.000,00 dan celana Rp 50.000,00. Berapakah banyaknya jas dan celana yang harus diproduksi agar mendapat untung yang sebanyak-banyaknya?”

Apakah permasalahan di atas merupakan masalah program linier?
Dari masalah di atas ternyata:
a) Terdapat tujuan yang dicapai yaitu mencapai keuntungan maksimum melalui produksi jas dan celana, di mana tiap jenis produksi itu telah direncanakan mempunyai harga tertentu.
b) Terdapat sumber daya atau masukan (input) yang berada dalam keadaan terbatas. Dalam hal ini, Butik mempunyai persediaan  kain yaitu 20 m jenis katun dan 60 m jenis wool.

Jadi, permasalahan di atas merupakan permasalahan program linier.

Nah untuk menyelesaikan permasalahan diatas, mari  simak video berikut ini. ^_^
Nah bagaimana setelah menonton video diatas sudah pahamkan apa manfaat program linier dalam kehidun sehari-hari. Ternyata banyak sekali manfaatnya ya.. :D.  Oke selanjutnya silakan kerjakan soal cerita sebelumnya dan kirimkan jawabanya ke e-mail bapak : Mahmud.sabarudin@ymail.com

Jumat, 14 Juni 2013

BSE Matematika Kelas XII SMA dan MA Program IPA "Matematika Aplikasi"

Assalamu'alaikum

Matematika Aplikasi


Kelas
12
Program
Ilmu Pengetahuan Alam
Penulis
Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S.
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas XII SMA/MA Program Bahasa "Mahir Matematika"

Assalamu'alaikum

Mahir Matematika


Kelas
12
Program
Bahasa
Penulis
Geri Achmadi, dkk
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas XI SMA/MA Program IPA "Matematika"

Assalamu,alaikum

Matematika


Kelas
11
Program
Ilmu Pengetahuan Alam
Penulis
Nugroho Soedyarto dan Maryanto
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas XI SMA/MA Program IPA "Mahir Mengembangkan Kemampuan Matematika"

Assalamu'alaikum

Mahir Mengembangkan Kemampuan Matematika


Kelas
11
Program
Ilmu Pengetahuan Alam
Penulis
Wahyudin Djumanta dan R. Sudrajat
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP/MTs"Pegangan Belajar Matematika"

Assalamu'alaikum


Pegangan Belajar Matematika


Kelas
9
Penulis
A. Wagiyo, dkk
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP/MTs "Mudah Belajar Matematika"

Assalamu'alaikum


Mudah Belajar Matematika


Kelas
9
Penulis
Nuniek Avianti Agus
Tahun
2007
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP dan MTs "Matematika"

Assalamu'alaikum

Matematika


Kelas
9
Penulis
J. Dris dan Tasari
Tahun
2011
Penerbit
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP dan MTs "Matematika"

Assalamu'alaikum


Matematika


Kelas
9
Penulis
Masduki dan Ichwan Budi Utomo
Tahun
2007
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP "Contextual Teaching and Learning Matematika"

Assalamu'alaikum


Contextual Teaching and Learning Matematika


Kelas
9
Penulis
R. Sulaiman, dkk
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas IX SMP/MTs "Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan"

Assalamu'alaikum


Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan


Kelas
9
Penulis
Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas VIII SMP/MTs "Mudah Belajar Matematika"

Assalamu'alaikum


Mudah Belajar Matematika


Kelas
8
Penulis
Nuniek Avianti Agus
Tahun
2007
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas VIII SMP dan MTs "Matematika Konsep dan Aplikasinya"

Assalamu'alaikum


Matematika Konsep dan Aplikasinya


Kelas
8
Penulis
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas VII SMP/MTs "Pegangan Belajar Matematika"

Assalamu'alaikum


Pegangan Belajar Matematika


Kelas
7
Penulis
A. Wagiyo, dkk
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas VII SMP dan MTs "Matematika Konsep dan Aplikasinya"

Assalamualaikum




Matematika Konsep dan Aplikasinya


Kelas
7
Penulis
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

BSE Matematika Kelas VII SMP "Contextual Teaching and Learning Matematika"

Assalamualaikum


Contextual Teaching and Learning Matematika


Kelas
7
Penulis
Atik Wintarti, dkk
Tahun
2008
Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Senin, 03 Juni 2013

Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia Tahun 2002 - 2009

Assalamu’alaikum.
                Pada kesempatan kali ini, Saya ingin berbagi Soal OSN Matematika selama 8 tahun penyelenggaraannya yaitu dari tahun 2002 sampai tahun 2009 beserta solusi. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

PPT : Persegi Panjang

Assalamualaikum

       Pada kesempatan ini saya posting PPT pembelajaran tentang Persegi Panjang yang merupakan Bangun Datar bagian dari materi Geometri.


Persegi Panjang from Rian Indra

Download PPT Persegi Panjang disini